Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Minggu, 25 September 2011

Manfaat Sarapan Guys!



Baru pelajaran pertama, kita udah beberapa kali menguap. rasanya ngantuk benget, mana perut melilit, perih dan laper.

Apa kamu lupa sarapan? asal tau aja, tanpa sarapan, konsentrasi belajar kita akan terganggu. udah gitu, selain laper, kita juga akan merasa lemas, gampang lapek, lesu, letih dan beberapa L lainnya, pusing dan ngantuk. 

Banyak alasan kenapa kita ga sarapan. mungkin ga sempat karena telat bangun, masih kenyang karena makan malam terlalu banyak, atau bosen sama sarapan yang ituuuu itu aja.

Tapi ada juga diantara kita yang sengaja ga mau sarapan karena ingin jajan di sekolah. artinya dia milih nahan laper sepanjang pagi agar bisa jajan di sekolah. 

Menurunkan Prestasi 

Apapun alasannya (minumnya teh botol sosro.. eh, maksutnya..) sarapan tidak boleh ketinggalan! ibaratnya nih, motor atau mobil yang lagi mudik tapi kaga ada bensinnya, mau jalan gimana? makanya, begitu juga dengan tubuh kita, ia membutuhkan sarapan. sarapan adalah sumber energi untuk semua kegiatan.

Sarapan itu penting. penting itu sarapan. kalo kamu belajar dalam keadaan laper, yang ada di benak kita cuma makanan yang akan kita makan waktu jam istirahat. iya ga? akibatnya, segala yang diterangkan bapak atau ibu guru kita ga kita denger lagi. kita mulai ngantuk, pusing, lesu, dan lemas. dan rasain akibatnya kalo tau-tau ada ulangan mendadak..

Kalo sarapan ga dijadiin kebiasaan, lama-lama prestasi kita pun akan menurun. ga cuma itu, kita jadi kurang kreatif dan lambat kalo bersikap dan mikir alias LOLA. parah kan pengaruhnya?

Demi ketahanan tubuh kamu!

Bagi kalian yang suka sarapan sereal atau roti, coba ditambah dengan susu dan buah, karena dengan itu energi jadi seimbang. dan, kalo ga ada sereal dan susu atau buah, kamu bisa tetep sarapan dengan nasi dan telor ceplok, kecap atau saus favorit kamu, dan lauk yang kamu suka.

Sarapan dengan kandungan nutrisi yang baik sangat penting untuk ketahanan tubuh dan membantu daya ingat kita waktu belajar di sekolah. jadi berguna banget tuh kalo ada ulangan mendadak!

Kita kan masih dalam taraf tumbuh kembang. kalo badan kurang asupan makanan, bisa dipastiin akan memengaruhi pertumbuhan kita.

Tubuh kita bakalan lambat pertambahan tingginya, ga secepat temen-temen yang lebih sehat. badan juga bisa semakin kurus karena kekurangan gizi. bukan kurus diet ya, itu beda lagi. kurus diet pun harus sesuai sama tubuh kita.

Sarapan sama bergunanya dengan makan siang dan makan malam. usahain sarapan secara teratur agar kita tetap sehat dan dapat berpreatasi di sekolah.

Sarapan yang baik

sarapan bisa ga harus nasi, atau harus sereal. usahain tiap hari berganti menu sarapan antara nasi, sereal, oatmeal, omelet, ditambah buah dan jus. biar kamunya juga ga bosen sarapan dan terus semangat buat beraktivitas. lebih kreatif lagi kalo bikin sarapan sendiri, selain kamu enak sarapannya (kalo hasilnya enak ya), ga bosen tiap hari sarapan, nambah kreatif, orangtua seneng, dan pengetahuan tentang masak-memasak lebih banyak, ya nggak??

Balik ke topik (bukan topik hidayat!), misalnya nih ya, hari senen setangkup roti dioles margarin dan telur atau keju. hari selasa makan oatmeal dengan susu dan buah, hari berikutnya semangkuk bubur ayam, dan buah, daaaan terserah kamu buat hari berikut-berikutnya.

oh iya, sebaiknya jangan makan terlalu kenyang suapaya nggak sakit perut. malahan kekenyangan bisa bikin kita gampang ngantuk, karena sebagian besar aliran darah terkonsentrasi ke bagian pencernaan untuk mencerna makanan dan hanya sebagian kecil yang mengalir ke otak. yang penting sarapan cukup, nggak kurang, dan nggak lebih!

Habis dalam semalam

Sarapan berguna untuk memulihkan cadangan energi dan kadar gula darah. setelah tidur pada malam hari, perut kita akan kosong pada pagi harinya.

Coba perhatiin deh, setiap bangun tidur kita pasti ngerasa laper. itu tandanya perut dalam keadaan kosong. dan perut harus segera diisi (baca: sarapan) sehingga dapat menghasilkan tenaga.

Waktu kita tidur, badan mempergunakan cadangan energi untuk tetap melakukan aktivitas, seperti jantung yang berdetak, dan kita tetap dapat bernafas. maka, sarapan tugasnya adalah mengisi kembali caadangan makanan yang telah dipakai waktu kita tidur.

Jadi, jangan ngeremehin yang namanya sarapan guys, aku juga lagi dalam tahap pembiasaan nih (halah bahasanya).
Chayo ! ^0^/

Sumber : Retnowati, Kompas minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar